Apa Arti Root dan Fungsi Root Pada Android

Apa Arti Root dan Fungsi Root Pada Android – Pada beberapa artikel khususnya yang bertemakan android, pasti anda sering mendengar istilah root di dalamnya. Hal ini mungkin pernah anda temui pada beberapa aplikasi yang sulit dipasang pada smartphone android yang mengharuskan agar ponsel diroot terlebih dahulu. Tapi apa yang sebenarnya dimaksud dengan root? Simaklah ulasan di bawah ini.

Pengertian Root AndroidSeperti yang kita tahu bahwa root berasal dari bahasa Inggris yang berarti akar. Secara luas akar di sini juga bisa diartikan sebagai kepemilikan atau sebuah kekuasaan. Jadi root adalah sebuah sistem yang sengaja dibuat untuk memiliki sebuah kekuasaan yang penuh. Dalam android ini, root bisa diartikan untuk mengakses beberapa file pada sistem operasi (dalam hal ini android). Menariknya file yang anda akses dengan tindakan root tidak akan merusak sistem operasi.

apa arti root dan fungsi root pada android

Fungsi Root Memberikan hak kekuasaan yang penuh bagi anda untuk bisa mengakses file ke dasar sistem operasi. Dalam hal ini anda dapat mencustomize semua data yang ada pada sistem yang sebelumnya tidak bisa dieksekusi apabila ponsel android anda belum diroot.

Beberapa pengguna android yang telah melakukan root dengan berbagai metode menilai bahwa proses ini cukup ribet. Mengapa root tidak dilakukan secara pabrikasi (satu paket dari pabrik)? Inilah alasannya:

  • Menjaga sistem file

Ketika android anda sudah diroot, maka sistem keamanannya akan terbuka. Hal ini dihindari oleh para produsen mengingat sistem file di android ini sangatlah banyak. Ketika anda diminta untuk melakukan root, seringkali disarankan untuk berhati-hati. Alasannya karena dampak dari tindakan itu cukup bahaya. Sistem android tidak diinstall ulang secara mudah, ketika ada salah satu file sistem yang rusak atau terhapus maka android sudah tidak bisa lagi berfungsi.

  • Kepentingan Penyedia Layanan

Ketika anda membeli sebuah smartphone, anda pasti melihat ada beberapa aplikasi yang tidak dapat kita hapus dari sistem. Meski aplikasi itu dirasa kurang penting, ternyata aplikasi itu ditujukan untuk kepentingan promosi dan sebagainya. Maka dari itu tindakan root dilakukan untuk mencegah kita menghapus aplikasi di atas.

Pada beberapa kebijakan produsen smartphone (atau bahkan semua produsennya) memutuskan untuk menghanguskan masa garansi bagi anda yang telah melakukan root pada smartphone yang telah anda beli. Ini jelas akan merugikan anda apabila terjadi kerusakan pada smartphone anda. Maka dari itu pertimbangkanlah kembali sebelum anda melakukan hal ini.

Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • apa arti garus di root
Apa Arti Root dan Fungsi Root Pada Android | Aryanti Dewi Safitri | 4.5