Apa Saja Prinsip Kerja Dari Panel Surya?

Kebutuhan akan listrik yang sangat besar, banyak memunculkan inovasi-inovasi baru. Salah satu inovasi yang mungkin sudah sangat diketahui banyak orang adalah panel surya. Panel surya memang dikatakan sebagai komponen kelistrikan yang mahal, tetapi banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan panel surya di perindustrian.

Setelah berpikir ulang mungkin Anda akan memutuskan untuk memasang panel surya di perindustrian. Anda bisa melakukan pemasangan panel surya dengan mudah hanya di perusahaan penyedia panel surya. Bagaimana Anda bisa mendapatkannya? Anda bisa mendapatkannya dengan mudah hanya di PT Sewatama.

Prinsip Kerja Panel Surya yang Utama

Mungkin Anda tahu bahwa prinsip kerja dari panel surya ada pada sistem PV (photovoltaic). Tetapi, Ada prinsip yang perlu untuk Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut:

  • Solar Thermal

Cara kerja dari panel surya yang mampu menghasilkan listrik ini menggunakan prinsip solar thermal. Mengumpulkan panas dari sinar matahari yang terpancar, ketika sudah terkumpul semua maka akan dikonversi menjadi energi listrik dan digunakan untuk memutar turbin yang ada pada generator.

  • Solar panel atau solar sel

Prinsip kerja yang lain pada panel surya ini adalah cara kerja dari solar panel atau solar panel. Sebenarnya, prinsip ini mengumpulkan ion-ion dan tentunya ion-ion ini akan membantu untuk menghasilkan listrik. Sistemnya hampir sama dengan pengumpulan elektron yang ada pada matahari. Lebih tepatnya ini akan mengarah pada sistem PV.

Kedua prinsip ini sebenarnya hampir mirip dengan sistem photovoltaic. Energi listrik yang dihasilkan dari panel surya sebenarnya ditentukan oleh banyaknya sel surya yang dipadukan ke dalam panel surya. Tidak hanya itu saja, sebenarnya dalam prinsip kerja panel surya ini bisa dirasakan langsung sebelum di kasih baterai. Tetapi, penggunaan baterai ini diharuskan untuk dipasang.

Tidak hanya itu saja, di dalam prinsip kerja dari panel surya mempunyai arus DC dan akan dibentuk menjadi listrik AC. Bisa dikatakan ini sebagai arus bolak-balik, hal ini digunakan untuk menghubungkan rangkaian elektronik yang dinamakan dengan inverter DC-AC.

About the Author: Makka El Fatih Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *