Cara Membuat QR Code Sendiri di Android Mudah

Cara Membuat QR Code Sendiri di Android Mudah  Anda semua pastilah pernah melihat barcode ketika anda sedang berbelanja di minimarket atau supermarket.  Tapi meskipun anda telah melihat barcode tersebut, kemungkinan besar beberapa dari anda masih belum mengetahui jenis dari barcode tersebut.  Hal tersebut sangatlah wajar karena barcode ini memang terbagi menjadi beberapa jenis barcode.  Untuk barcode yang sering anda temui ketika anda berbelanja di perusahaan retail adalah barcode jenis Uniform Product Code atau bisa disingkat UPC.

Pada kesempatan kali ini kita memang akan membahas masalah barcode namun bukan Uniform Product Code melainkan QR Code.  QR Code juga sebenarnya adalah sebuah singkatan dari Quick Response Code.  Anda yang mempunyai ponsel pintar pastinya mengetahui QR Code ini karena beberapa aplikasi untuk android memang memanfaatkan barcode yang satu ini.  Salah satu contoh QR Code yang mungkin sering anda gunakan dalam ponsel android anda adalah QR Qode yang berada di Blackberry Messenger atau QR Code yang ada di Line.

QR

Cara Membuat QR Code Sendiri di Android

Seperti yang telah anda ketahui, QR Code ini memiliki bentuk persegi dengan ciri tanda 3 persegi kecil tambahan didalamnya.  Persegi kecil tersebut biasanya terletak di bagian kiri-atas, kiri-bawah, dan juga kanan atas.  Pada awal pembuatannya QR Code ini dipergunakan untuk pelacakan  kendaraan dibagian manufaktur.  Namun pada saat ini QR Code ini bisa dipergunakan dengan lebih luas dan bahkan anda pun bisa membuatnya sendiri.  Berikut ini Cara Membuat QR Code Sendiri di Android.

  1. Langkah pertama anda bisa mencari aplikasi bernama Barcode Generator terlebih dahulu di Google Play Store.
  2. Setelah menemukan aplikasi tersebut maka anda harus melakukan pengunduhuhan pada aplikasi yang tadi telah dicari.
  3. Setelah di unduh dan secara otomatis terpasang di ponsel anda maka anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut.
  4. Ketika aplikasinya telah terbuka maka anda bisa langsung membuat QR code yang anda inginkan. Pada saat akan membuat QR Code, anda bisa memilih kategori dari aplikasi ini dengan cara memilih menu Type.  Didalam menu Type ini anda bisa menemukan banyak kategori dan memilih salah satu kategorinya.  Apabila anda memiilih kategori URL maka anda bisa melanjutkannya dengan memasukan URL yang ingin anda buat QR Code-nya.
  5. Apabila anda telah selesai melakukan input data-data yang diperlukan maka anda bisa menuju langkah berikutnya yaitu memilih tombol Generate.
  6. Setelah itu maka anda bisa menunggu proses pembuatan QR Code yang anda buat selesai. Jika telah selesai anda bisa melakukan penyimpanan dengan memilih tombol save atau memilih tombol share jika anda ingin membagikan QR Code yang telah anda buat tersebut.

Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan ketika menggunakan QR Code seperti ini.  Salah satu keuntungan menggunakan QR Code ini adalah anda bisa melakukan penginputan data lebih cepat.  Hal, tersebut dikarenakan Barcode Scanner dapat mendeteksi data lebih cepat jika dibandingkan dengan penginputan data secara manual.

Mungkin itulah tadi sedikit bahasan mengenai contoh cara pembuatan QR Code sendiri menggunakan ponsel android.  Karena penjelasan diatas mengenai pembuatan QR Code untuk URL maka jika anda telah mengerti cara pembuatannya anda bisa mencoba membuat QR Code anda sendiri sesuai kategori yang anda inginkan.  Terima kasih untuk anda yang telah membaca informasi disini.  Semoga apa yang telah anda baca disini bisa bermanfaat dan bisa digunakan.

Cara Membuat QR Code Sendiri di Android Mudah | Hamdani Supiyan | 4.5