Cara Mempercepat Kinerja Android Mudah Ampuh

Cara Mempercepat Kinerja Android Mudah Ampuh – Memiliki HP Android yang lemot sangatlah mengesalkan. Berbagai macam faktor bisa menjadi pemicunya. Aplikasi yang berat, penuhnya memori, dan sederet faktor lainnya bisa membuat smartphone anda menjadi macet. Tentu hal ini sangat kita hindari namun apa lagi yang bisa kita lakukan bila semuanya sudah terjadi? Seringkali kita dibuat bingung olehnya. Beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan adalah dengan merefresh kembali android anda atau merebootnya (merestart) kembali.

Tapi tahukah anda ternyata ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi android yang lemot atau lelet. Berikut caranya:

cara mempercepat kinerja android

Cara Mempercepat Kinerja Android

  • Mengganti Memori Eksternal

Android yang berat bisa dipicu oleh keadaan memori eksternal yang kurang baik. Bila memori tersebut tidak pas dengan standar penyimpanan android anda, maka hal ini bisa menyebabkan crash. Beberapa memori eksternal memiliki kemampuan kecepatan akses yang berbeda-beda. Cara pertama agar android anda tak lagi lemot adalah dengan mengganti memori eksternal dengan kualitas 10. Mengapa hasru kualitas 10? Karena memiliki kinerja yang cepat sehingga tak membuat android anda begitu lemot.

  • Memakai RAM Boosters

Smartphone bisa kita ibaratkan dengan sebuah rumah yang bisa saja kotor. File junk dalam android anda adalah salah satunya. Anda harus memasang aplikasi RAM Boosters untuk membantu membersihkan file sampah yang berada dalam smartphone android anda. Cara kedua ini patut anda coba, pasanglah aplikasi ini di smartphone android kesayangan anda. anda bisa mendapatkannya di google play store.

  • Mengatur Memori Internal (Telepon)

Tanpa kita sadari smartphone android kita bisa begitu lemot karena penuhnya memori internal. Istilah Lag mulai dikenal pada smartphone android dengan versi 4.3, memori internal menjadi sangat penuh. Semuanya dikarenakan oleh TRImed, kondisi sebuah memori internal tidak mampu bekerja dengan baik sehingga menyebabkan smartphone android anda menjadi lemot. Ada baiknya bila anda memasang aplikasi LagFix, aplikasi tersebut akan memindai sejumlah aplikasi yang kurang berjalan dengan baik sehingga semuanya dapat berjalan normal kembali. Aplikasi LagFix ini dapat anda unduh di layanan konten google play store.

  • Menonaktifkan Animasi melalui Menu Developer

Animasi yang berada di atas layar tanpa kita sadari dapat memberikan sumbangsih yang besar atas macetnya smartphone android kita. Namun anda tidak perlu khawatir akrena anda dapat menonaktifkanya. Caranya cukup mudah, masuklah ke dalam menu Developer Option dan nonaktifkanlah animasi yang ada. Dengan begitu smartphone android anda dapat berjalan secara normal kembali.

  • Mengganti Launcher

Cara terakhir yang bisa anda lakukan agar smartphone android anda tidak lemot adalah dengan mengganti launcher. Gantilah dengan launcher yang berukuran ringan sehingga ruang penyimpanan menjadi aman. Jadikan sebagai launcher utama bila anda sudah memiliki launcher yang sesuai dengan spesifikasi tersebut. Dengan begitu smartphone android anda bisa kembali terakses secara mudah.

Demikian beberapa cara yang bisa kami sarankan agar android anda tak lagi lemot. Kelima cara tersebut terbilang efektif karena anda tidak perlu melakukan root pada setiap saran yang kami sajikan. Dengan begitu smartphone android anda bisa berjalan dengan aman tanpa mematikan garansi karena melakukan root. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Mempercepat Kinerja Android Mudah Ampuh | Aryanti Dewi Safitri | 4.5