Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Aplikasi

Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Aplikasi – Sama saja dengan komputer, smartphone Android harus menggunakan RAM dalam setiap aktifitasnya. Apabila aktifitas tersebut berlebihan, RAM-nya akan cepat penuh. Lantas adakah caranya untuk mengatasi agar RAM tidak terlalu cepat penuh?

Jika Anda melakukan multitasking maka RAM Android Anda akan cepat penuh. Misalnya, Anda membuka WeChat lalu membuka aplikasi lainnya juga seperti music player, facebook, dan twitter. Jika RAM handphonenya cukup besar tentu bukan hal yang masalah tapi jika sebaliknya?

Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh

Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh

Cara Mengatasinya

Jika RAM Android Anda penuh maka efeknya akan membuat kinerja smartphone Anda lambat sehingga saat membuka games atau aplikasi bisa jadi lag atau lemot. Berikut ini cara mengatasinya agar RAM tidak cepat penuh.

  1. “Bunuh” Aplikasi yang Tidak Digunakan/Tidak Perlu

Cara untuk mematikan aplikasi yang tidak sedang digunakan adalah masuk ke pilihan “Setting”. Lalu buka Apps kemudian Running. Di situ Anda akan dapat melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Jika akan mematikannya, hanya tinggal buka lalu “Stop”.

  1. Menggunakan Aplikasi Xbooster

Awalnya aplikasi ini hanya dibuat hanya untuk ROM di handphone Xperia. Namun kini tersedia untuk merek handphone Android lainnya. Fungsi dari Xbooster adalah untuk boosting RAM Android Anda. Mirip dengan task killer tapi dalam performanya lebih bagus.

  1. Hapus Aplikasi dengan RAM yang Besar

Jika memang aplikasi dengan RAM besar ini tidak diperlukan, lebih baik hapus saja. Untuk mengetahui seberapa besar penggunaan RAM-nya, Anda bisa lihat di pilihan “Setting”, buka “Apps”, lalu pilih “Running”.

  1. Pakai Aplikasi Bernama RAM Manager

Aplikasi ini ada yang gratis dan pro. Fungsinya adalah aktifkan beberapa profil untuk manajemen RAM yang disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh profil yang tersedia, antara lain more free memory dengan tujuan supaya lebih banyak memori yang bebas. Ada juga balance for everyday using supaya penggunaan aplikasi setiap harinya bisa stabil, mode hard gaming jika menggunakan game berat, serta multitasking mode untuk berbagai multitasking yang sangat berat.

Itulah bagaimana saja cara mengatasi RAM Android cepat penuh. Namun Anda harus perhatikan bahwa semua cara-cara tersebut membuat Anda harus melakukan root terlebih dahulu. Misalnya saja untuk menggunakan aplikasi Xbooster dan RAM Manager. Jadi terlebih dahulu root handphone Android Anda.

Semoga artikel ini cukup membantu penyelesaian masalah Anda.

Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh dengan Aplikasi | Khisma Nisa Yuniar | 4.5