Cara Menonaktifkan Update Otomatis Android dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Android dengan Mudah – Android akan membuat fitur auto update berjalan secara default. Jika aplikasi yang Anda miliki mempunyai versi terbaru maka otomatis aplikasinya akan otomatis terupdate apabila smartphone Anda terhubung internet. Lantas, adakah cara menonaktifkan update otomatis Android?

Masalah update otomatis ini ada sebagian yang tidak keberatan tapi ada juga yang merasa hal tersebut adalah masalah. Contohnya adalah baterai jadi cepat habis sampai penggunaan pulsa yang boros padahal tidak semua orang ingin langsung mengupdate aplikasi mereka.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Android

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Android

Untuk aplikasi yang ukurannya kecil mungkin tidak jadi masalah karena data yang digunakan pun sedikit. Tapi bagaimana yang ukurannya ratusan MB bahkan mencapai GB?

Matikan Auto Update dari Google Play

Berikut cara untuk mematikan fitur auto update untuk Android Anda.

  1. Hubungkan lah smartphone Android milik Anda ke internet. Lalu buka Google Play Store.
  2. Pada halaman depan aplikas itu, tap tombol baris menu yang berupa tiga buah garis horizontal. Letaknya ada di kiri atas pas bagian pojoknya. Sesudah tap, terbukalah daftar menunya. Lalu pilih menu “Settings”.
  3. Selanjutnya akan muncul daftar menu pada setting. Kemudian pilihlah auto-update apps, tap.
  4. Akan ada tiga pilihan yang muncul, yaitu “Do not auto-update apps”, “Auto-update apps at any time. Data charges may apply”, dan “Auto-update apps over Wi-FI only”. Maka tentu saja yang dipilih adalah “Do not auto-update apps” yang artinya “jangan lakukan auto update aplikasi”. Untuk “Auto-update apps at any time. Data charges may apply”, artinya auto update diizinan kapan saja tanpa pandang apa paket data yang dipakai. Sementara pilihan satu lagi adalah update aplikasi akan dilakukan hanya ketika ponsel Anda tersambung dengan Wi-Fi.
  5. Setelah memilih pilihan untuk menonaktifkan auto update, di bagian bawah opsi tersebut ada tulisan “Do not auto update apps”. Artinya, opsi yang Anda pilih sudah diaktifkan.
  6. Jika itu sudah maka artinya Anda sudah berhasil mematikan fitur auto update dari Google Play. Namun jika ada beberapa aplikasi yang ingin tetap di buka. Anda tinggal buka saja aplikasi yang autoupdatenya ingin di-enable/disable. Lalu klik bagian pojok kanan sebelah atas.  Opsinya hanya ada satu maka tinggal pilih dengan cara mencentang untuk menyalakan kembali auto updatenya atau menghilangkan centang untuk hasil sebaliknya. Mudah bukan?

Itu dia bagaimana cara menonaktifkan update otomatis Android Anda dengan cara yang mudah. Anda sudah tidak perlu khawatir tiba-tiba kehilangan kuota karena aplikasi Anda terupdate sendiri.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Android dengan Mudah | Khisma Nisa Yuniar | 4.5