Ciri-ciri Smartphone Android Terkena Virus atau Malware

Ciri-ciri Smartphone Android Terkena Virus atau Malware – Perkembangan teknologi memang membawa kita ke zaman yang penuh dengan informasi. Kita bisa mengakses segala bentuk informasi hanya dengan menggunakan gadget atau smartphone android anda. Namun akan sangat meresahkan bila gadget atau smartphone android yang kita punya sudah mulai terjangkit oleh sejumlah virus atau malware. Efek yang ditimbulkan dari virus atau malware tersebut juga bisa beragam bentuk, seperti menelan pulsa, memakan (menyembunyikan) data hingga performa android anda mulai tak membaik.

Celakanya kita tidak selalu dapat mengetahui kapan smartphone android kita mulai terjangkit virus atau malware. Namun anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana ciri-ciri smartphone android yang mulai terjangkit virus atau malware. Seperti apa cirinya? Mari kita simak ulasan berikut ini:

ciri-ciri hp android kena virus

Ciri-ciri Smartphone Android Terkena Virus

  • Boros Pulsa dan Kuota Internet

Siapa yang akan menyangka bila virus atau malware yang sudah menjangkiti smartphone android anda akan membuat pulsa menjadi boros dan kuota internet menjadi cepat habis. Mengesalkan ya rasanya, kira-kira mengapa hal itu bisa terjadi? Ya hal ini dikarenakan virus akan membuat sistem android membuka berbagai macam iklan yang tidak penting sehingga membuat kuota internet anda cepat habis. Celakanya bila anda bukan pengguna paket internet unlimited, pulsa anda akan semakin habis dibuatnya.

Parahnya virus atau malware ini dapat berimbas pada akun email anda. Beberapa kontak yang berada di email anda akan dikirimkan sejumlah malware yang merugikan. Tak hanya sampai di situ, adanya virus atau malware di android anda juga akan menyerang sistem pesan anda. Dia bisa mengirimkan banyak malware ke user android lainnya.

  • Performa Smartphone Android Menurun

Bagi virus atau malware yang menyerang sistem android anda, hal ini akan menyebabkan performa smartphone menjadi menurun. Beberapa aplikasi akan berjalan secara otomatis tanpa anda perintah sebelumnya.

  • Baterai Cepat Habis

Borosnya daya baterai seringkali kita anggap sebagai efek dari penggunaan android yang berlebihan sehingga performanya menjadi berkurang dan baterai smartphone akan semakin cepat terkuras. Virus atau malware menjalankan banyak aplikasi yang berjalan sendiri sehingga menyebabkan konsumsi baterai akan semakin banyak dan mudah membuat smartphone dalam keadaan lowbat (daya baterai lemah).

  • Panggilan Telepon Sering Terputus

Hal yang satu ini mungkin akan sangat mengesalkan bagi anda. Pasalnya hal ini tidak hanya menyerang sistem android saja tetapi juga memutus panggilan telepon yang sedang masuk. Ternyata virus atau malware ini juga menyerang koneksi selular android yang anda miliki sehingga hal ini akan membuat anda tak cukup nyaman dibuatnya.

  • Data Hilang

Adanya virus atau malware pada android anda akan menyebabkan sebagian data atau aplikasi anda hilang (tertelan). Virus ini akan membuat file anda menjadi “Corrupt”.

Demikianlah beberapa ciri yang harus kita kenali sebelum smartphone android anda benar-benar terjangkit oleh virus atau malware. Semoga bermanfaat.

Mau Yang Lebih Jelas? Klik --> Sinyalandroid.comTips gadget dan android paling Lengkap
Ciri-ciri Smartphone Android Terkena Virus atau Malware | Aryanti Dewi Safitri | 4.5