Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Air kelapa muda tidak hanya bisa menyegarkan saja tapi kaya akan manfaat juga yang bisa kita dapatkan dari air kelapa, khususnya untuk ibu hamil. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil itu sangat banyak sekali, bukan hanya untuk menjaga cairan dalam tubuh dan menjaga kesehatan pada janin, tapi manfaatnya sangat banyak, beragam jenis manfaat dari air kelapa kami akan bahas dalam artikel pembahasan kali ini. Ibu hamil amat dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa satu hingga dua gelas perharinya, tapi ingat jangan air kelapa yang sudah di kemas dalam kemasan atau air kelapa instan, yang dianjurkan hanya air kelapa murni asli dari buahnya langsung supaya lebih segar dan belum terkontaminasi oleh apapun. Disini kita sangat mudah menemukan air kelapa muda yang masih segar bisa dibilang tidak sulit, karena pasti banyak yang menjual kelapa muda segar, mau itu di pasar ataupun toko buah. Nah kenapa air kelapa yang sudah dalam kemasan tidak di anjurkan, takutnya air kelapa yang sudah dalam kemasan tersebut mengandung bahan pengawet juga bahan kimia lainya supaya air kelapa dalam kemasan tersebut bisa tahan lama dan tetap segar, walaupun gak sesegar air kelapa asli dari buahnya.

Air kelapa muda juga adalah minuman isotonic dimana kaya akan nutrisi, mengandung klorida, elektrolit, magnesium dan potassium yang tinggi, dan kadar gula serta protein dalam jumlah yang cukup. Tidak hanya itu saja air kelapa muda mempunyai sumber makanan yang berserat, di mana mengandung kalsium, mangan, vitamin c dan riboflavin, lebih baik minum kelapa untuk menyegarkan badan, di bandingkan minum minuman yang berkafein seperti kopi juga the, atau juga minuman bersoda yang dimana memiliki efeksamping.

Nah jika banyak yang bilang ibu hamil harus mengkonsumsi air kelapa, dengan begitu anda harus tahu akan manfaat dari air kelapa muda tersebut, dan berikut ini adalah manfaat dari air kelapa untuk ibu hamil.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil :

1. Mencegah sembelit

Sembelit merupakan masalah umum untuk ibu hamil, hal ini bisa terjadi kapanpun karena peningkatan hormon dalam tubuh juga sebagai akibat penggunaan suplemen yang mengandung zat besi. Kandungan serat pada air kelapa bisa membuat untuk mengurangi sembelit ketika ibu hamil, serat melancarkan buang air besar dan membuar pencernaan bersih juga berfungsi dengan baik.

2. Menghentikan mules

Tidak hanya sembelit mulas / mules juga sering dialami oleh ibu hamil dikarena perubahan hormonal juga tekanan dibagian perut yang diakibatkan pertumbuhan Rahim. Dan harus anda ingat kalau obat sakit maag sangat tidak dianjurkan ketika proses kehamilan, dikatenakan bisa mempengaruhi perkembangan bayi pada janin, dengan begitu ibu hamil bisa mengkonsumsi air kelapa muda untuk mengatasi rada mules tersebut.

3. Menjaga stamina agar tetap energik

Supaya ibu hamil tetap energik keika proses kehamilan, minum air kelapa muda menjadi solusinya, dengan meminum air kelapa muda yang di mana air kelapa mengandung isotonik alami yang terdapat kandungan elektrolit yang melimpah bisa membantu jaga tingkat energi, dan air kelapa muda bisa membantu anda untuk memulihkan energi juga meningkatkan metabolism dalam tubuh.

4. Mencegah dehidrasi

Ibu hamil berisiko akan mengalami dehidrasi, karena sering muntah-mudah dan monrning sickness, ibu hamil bisa mencegah dehidrasi dengan mengkonsumsi air kelapa muda, di mana memiliki fungsi sebagai rehidrasi oral, tidak hanya itu saja air kelapa muda memiliki asam amino dan enzim lainya dimana bisa membantu untuk melawan dehidrasi serta kelelahan.

5. Menyediakan potasium

Salah satu nutrisi dalam air kelapa iyani potassium, yang di mana membantu untuk menjaga keseimbangan elektrolisis pada tubuh juga memastikan pertumbugan janin yang optimal, dan hal ini juga bisa membantu ibu hamil mencegah kram kaki serta edema ketika proses kehamilan. Kalium pada potassium di mana memainkan peran yang penting pada pelepasan energi yang di hasilkan nutrisi penting seperti protein, lemak, dan karbohidrat.

6. Mengontrol tekanan darah

Manfaat dari air kelapa muda untuk ibu hamil bisa mengontrol tekanan darah, dengan mengkonsumsi air kelapa dengan tratur bisa membantu untuk mengendalikan ketanan darah pada ibu hamil, karena hal ini bisa disebabkan oleh magnesium dan potasium yang ada dalam air kelapa muda tersebut.

Note :

  • Cukup konsumsi air kelapa muda satu hingga dua gelas perharinya, dan jangan konsumsi air kelapa muda secara berlebihan.
  • Jika anda memiliki alergi pada kacang pohon, bisa kemungkinan anda juga alergi pada air kelapa.
  • Jika anda penderita diabetes, maka batasi asupan air kelapa muda karena mengandung karbohidrat tinggi.
  • Minumlah air kelapa muda yang masih segar, karena ketika airnya masih segar akan kaya nutrisi.

Nah setelah mengetahui akan manfaatnya dari air kelapa muda untuk ibu hamil, baiknya anda beralih dari minuman bersoda atau mengandung kafein jadi minuman yang alami dan kaya nutrisi seperti air kelapa muda yang akan nutrisi.

You might like

About the Author: Sahrul Romadon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *