Resiko Root Android Pada Performa Smartphone

Resiko Root Android Pada Performa Smartphone – Bagi pengguna Android pasti sudah akrab dengan istilah root. Rooting android adalah proses yang membantu Anda untuk mendapatkan kontrol atau akses penuh terhadap smartphone android milik Anda. Pada iPhone menggunakan istilah jailbreak dan symbian dengan istilah hack. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang melakukan root pada ponsel mereka.

Jika smartphone Anda di-root Anda dapat menginstal berbagai aplikasi gratis dengan bebas. Baik yang ada di Playstore atau tempat download aplikasi lain. Memang root ponsel Android akan mendatangkan banyak keuntungan. Namun, dibalik itu semua ada kerugian dan risiko yang harus dihadapi. Apa saja?

Resiko dan Kerugian Root Android

Kerugian dan Akibat Root Android

Ini dia macam-macam kerugiannya.

  1. Hilangnya garansi

Garansi dari pabrik akan hilang apabila Anda melakukan hal ini. Jika suatu waktu Anda membawa ponsel yang rusak ke service center tapi ponsel dalam keadaan root maka garansi tidak dapat diberikan. Meski garansi tersebut masih berlaku. Hal ini terjadi karena secara otomatis Anda melepas atau merusak “segel” yang ada pada smartphone Android Anda.

  1. Risiko jika gagal root

Jika ponsel sedang melangsungkan proses root, dapat dipastikan bahwa ponsel Anda harus ulangi dari awal prosesnya. Dengan demikian, waktunya lebih lama. Kemungkinan paling parah jika root gagal adalah membuat smartphone mati total alias bootloop. Rugi sekali bukan?

  1. Rentan gangguan virus

Banyak sekali pengguna yang mengeluh sebab ponsel mereka jadi rentan akan serangan virus setelah melakukan proses root. Penyebabnya adalah firewall yang sifatnya melindungi ponsel Anda jadi akan terbuka. Namun hal satu ini dapat sedikit diatasi dengan mendownload kemudian menginstal aplikasi antivirus dari Google Play.

  1. Ponsel jadi lemah

Kasus yang banyak terjadi pada Android yang telah di-root adalah banyaknya ponsel yang akhirnya performanya berkurang. Hal ini disebabkan oleh ponsel yang dipaksa bekerja dengan lebih keras serta melakukan hal-hal yang sebenarnya berada di luar kemampuan smartphone Android Anda. Dengan begitu, umur smartphone Anda jadi pendek dan gampang panas yang berlebihan saat digunakan.

Itu dia apa saja Resiko Root Android Pada Performa Smartphone yang bisa saja terjadi pada ponsel Anda. Namun jika memang itu pilihan Anda ya silahkan saja. Jika memang Anda sangat ingin melakukan root maka pilihlah smartphone yang tepat dan cocok untuk di-root. Agar risiko bisa sedikit bahkan dihindari total. Tergantung pada diri Anda masing-masing. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • resiko proses root
Resiko Root Android Pada Performa Smartphone | Khisma Nisa Yuniar | 4.5